Tof-U-topia, the motherland of tofu

tofu14

Tahu, tofu, 豆腐, beancurd, dòufu, đậu phụ, とうふ (tōfu), tauhu dikenal di manca negara dengan berbagai nama berbeda. Tahu yang dikenal mempunyai sumber protein yang sebanding dengan protein daging ini kaya akan kalsium serta rendah kalori & lemak menjadikannya populer di kalangan weight watchers & vegetarians.

Walaupun kurang jelas asal-usul pastinya, tahu  berasal dari negara China sekitar 164BC pada masa Han Dynasty. Di negara asalnya, tahu atau lebih dikenal dengan nama “dòufu” , bukan cuma dua tiga macam jenis saja yang ditemukan di pasaran, tapi hampir puluhan jumlahnya. Di supermarket besar seperti Carrefour, tahu ditempatkan di section terpisah saking banyaknya. Dari jenis fresh yang berbeda-beda warna, tingkat kelenturan dan teksturnya, sampai ke jenis tahu yang sudah dibumbui dan diawetkan sehingga tahan lama.

Jenis yang paling gampang ditemukan di pasar2 tradisional adalah firm tofu atau 老豆腐  lǎo dòufu. Dikenal dari teksturnya yang lembut namun tidak cepat hancur dengan permukaan tahu terlihat seperti serat kain, dihasilkan dari jenis kain yang dipakai untuk  memproses tahu tersebut. Tahu jenis ini masih bisa dimakan dengan sumpit.

Jenis tahu sutera atau silken tofu, disini lebih dikenal dengan 豆花, dòuhuā  atau  豆腐花, dòufuhuā  -  adalah jenis tahu yang paling lembut teksturnya dan paling banyak kandungan airnya. Kadang disajikan sebagai makanan penutup. Orang Jepang biasa menyajikan sebagai makanan pembuka, dengan sedikit soy sauce, mirin, irisan daun bawang dan sejumput bonito. Boleh juga coba sajikan dengan roasted sesame dressing, sedikit nori digunting2 kasar dan bonito.


Shredded dried tofu 豆干絲, dòugānsī: adalah jenis tahu kering yang diiris-iris setebal mie. Sekilas penampakannya memang seperti mie kuning. Biasa dimasak sebagai cold dish hidangan pembuka atau dimasak sebagai tumisan.Dried tofu sheet:Masih dalam keluarga tahu kering, tahu ini dijual dalam bentuk lembaran2 tipis yang dilipat empat.Puffed deep-fried tofu: bentuknya seperti bola-bola coklat sebesar bola golf, bola bekel atau bola tenis. Biasa dijual dalam kemasan plastik.Stinky tofu, 臭豆腐 chòudòufu: tahu yang difermentasi dalam campuran sayuran e.g. rebung, sawi hijau, chinese herbal, ikan atau udang. Proses fermentasi terkadang memakan waktu bulanan. Walaupun sangat populer di beberapa negara seperti Thailand, Taiwan dan mainland China, konsumen disarankan untuk berhati-hati memilih produk ini karena beberapa produsen diketahui memakai daging busuk bahkan kotoran manusia dalam proses pembuatannya. *sumber dari wikipedia*

Processed tofu – soy sauced stewed tofu : tahu yang dimasak dalam kecap sebelum dijual sehingga menghasilkan tahu yang berwarna coklat tua.

Fried tofu – 豆泡 dòupào: jenis tahu yang tipis dan mengembang seperti balon saat digoreng, sejenis dengan tahu pong di Indonesia. Biasa dimasak sebagai tumis, diisi campuran daging/ikan dalam hotpot atau sup.

Pickled tofu 豆腐乳 dòufurǔ: jenis tahu yang telah diawetkan dalam campuran arak cina, cuka, garam dan terkadang tambahan sayur2an tertentu. Biasa dijual dalam plastik kedap udara supaya tahan lebih lama.

Egg tofu : tahu yang dibuat dengan tambahan telur untuk kelembutan teksturnya. Lebih umum ditemukan dalam kulinari dari Jepang.

Tofu skin : dijual dalam bentuk lembaran-lembaran kering dengan variasi ukuran. Dijual kering atau sudah diproses.

Tofu jelly – 豆花 douhua : flower tofu atau yang kita kenal sebagai “kembang tahu”. Di north china, kembang tahu dimakan sebagai menu sarapan.

Thousand layer tofu dòngdòufu: jenis tahu yang bisa dibekukan. Banyak dipakai dalam hotpot. Teksturnya mirip dengan roti tawar.

Leave a comment